Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK)

PKK adalah organisasi kemsyarakatan yang bertujuan untuk memberdayakan perempuan. Secara umum, tentunya kita tak asing bukan dengan sebutan ibu-ibu PKK. Istilah ini sudah begitu luas dan biasanya diasosiasikan dengan perkumpulan ibu-ibu yang memiliki berbagai kegiatan postif. Contohnya banyak. Mulai dari kegiatan pelatihan UKM (Usaha Kecil Menengah), pengajian, sampai seminar-seminar kecil mengenai kesehatan reproduksi, KB (Keluarga Berencana), KDRT (Kekerasan dalam Rumah Tangga), dan kesehatan anak. Gerakan ini sampai sekarang masih dianggap sebagai salah satu gerakan yang positif meski tak selalu mendapat sorotan publik. Namun kenyataannya, gerakan inilah yang sampai sekarang memiliki andil besar yang secara pragmatis mampu membantu masyarakat terutama dalam hal keluarga, perempuan, dan anak. Hal ini sejalan dengan nama PKK yang punya kepanjangan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga.

Bukan hanya untuk ibu-ibu PKK adalah gerakan yang hampir selalu dianggap sebagai gerakan yang hanya bisa dianggotai perempuan. Padahal sejatinya, Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga tak melulu harus dianggotai kaum hawa saja. Gerakan ini adalah gerakan masyarakat yang berakar dari bawah (down to top) dan diharapkan bisa membantu berbagai persoalan konkrit pada lapisan masyarakat tersebut. Ia hadir dengan pelaku masyarakat itu sendiri yang secara bersama-sama kemudian menyelesaikan berbagai persoalannya. Jadi, pelakunya sebetulnya tak melulu harus wanita. Laki-laki  pun juga bisa ikut serta dengan berbagai program Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga, baik untuk isu keluarga umum maupun isu perempuan yang sifatnya khusus, seperti hak-hak perempuan dalam rumah tangga.

Bukankah pemberdayaan perempuan juga membutuhkan dukungan dari laki-laki terutama dari para suami yang menjadi mitra para istri?

Mengenal Berbagai Fungsi PKK

Karena Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga adalah gerakan yang sifatnya pragmatis, ia tak lepas dari berbagai fungsi yang disematkan. Berikut ini adalah 10 fungsi dasar dari PKK yaitu :Penghayatan dan Pengamalan Pancasila,  Gotong Royong, Pangan,  Sandang, Perumahan serta Tatalaksana Rumah Tangga, Pendidikan serta Ketrampilan, Kesehatan, Pengembangan Kehidupan Berkoperasi,  Kelestarian Lingkungan Hidup dan  Perencanaan Sehat

Desa Keplaksari terdapat Organisasi kemasyarakatan atau Lembaga kemayrakatan yang beranggotakan sebagai berikut : 

Jl. Tirta Buana No.64 Desa Keplaksari Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang, Jawa Timur

Jam Kerja

Senin – Jumat: 8:00 WIB – 15:00 WIB

Berita & Update Desa Keplaksari

Subscribe untuk lebih tau dan lebih update mengenai informasi Desa Keplaksari

Pemerintahan Desa Keplaksari - Support by ClickCoodSolution © 2020. All Rights Reserved